Single Happy

“Masih single nih, enaknya ngapain yah?”

 

Lagi nunggu jodoh sist? Hayo ngakuu…? Huehehe… Setiap perempuan yang masih single tentunya nggak mau sendiri sampe tua kan? Kita semua berharap dapat jodoh terbaik di waktu yang tepat.

Dalam masa penantian ini, kita nggak perlu galau, jalani aja dengan enjoy. Jojoba: jomblo-jomblo bahagia, whuaaa….!

Banyak hal bermanfaat kok yang bisa kita lakukan, sebelum nantinya kita sibuk dan asyk mengurus suami dan anak-anak. Kegiatan-kegiatan yang bisa bikin kita bahagia dan juga membahagiakan orang lain antara lain:

  1. Membahagiakan orang tua. Setelah menikah, kita juga masih bisa membahagiakan orang tua. Tapi, waktu kita sudah terbagi untuk suami dan anak-anak kan? Gima caranya? macam-macam, sesuaikan dengan kemampuan kita aja. Bisa dengan ngajak mereka jalan-jalan, makan bareng, ngasih sebagian penghasilan kita, dan banyak lainnya. Bukankah sedekah terbaik itu buat keluarga? Allah sudah menjelaskan dalam surat Al-‘Ankabut ayat 8, “Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
  2. Belajar Al-Qur’an. Mungkin bundayah ngerasa udah bisa baca Al-Qur’an dengan baik, tapi gak ada salahnya kan terus memperbaiki bacaan kita? Mulai dari tajwidnya, makhraj, tartil, menulis, dan lainnya. Lebih baik lagi kalo kita menghafal Al-Qur’an. Ini sekaligus buat persiapan membentuk keluarga Qur’ani. Kalo anak-anak lahir kelak, kita bisa ngajarin mereka….
  3. Menyantuni anak yatim. Berbagi itu membahagiakan. Kita bisa rutin membiayai anak yatim yang kita kenal. Bisa jadi doa merekalah yang membukakan jalan kesulitan buat kita.
  4. Melanjutkan pendidikan. Belajar itu proses sepanjang hayat. Yang perlu kita ingat, sesuaikan dengan jam kerja dan penghasilan.
  5. Belajar keterampilan tertentu. Baik hobi atau keingintahuan lain, misalnya menjahit, masak, dan lainnya. Kita bisa latihan secara otodidak, kursus di lembaga pelatihan, atau les privat. Sesuaikan dengan kebutuhan aja…. Pilihlah yang kita suka dan juga bermanfaat untuk rumah tangga kelak.
  6. Merintis bisnis. Walaupun udah punya penghasilan tetap, nggak ada salahnya kan berbisnis? Apalagi buat bunda yang berniat jadi ibu rumah tangga, bisnis rumahan atau bisnis online bisa jadi pilihan yang tepat. Kalo dilakukan dengan semangat dan kerja keras, insya Allah bisnis ini bisa makin berkembang dan bahkan omsetnya bisa melebihi penghasilan tetap saat ini. Kalo sudah berkeluarga bisa membantu keuangan rumah tangga kan?
  7. Travelling. Dunia luar begitu luas, datangi tempat-tempat baru dan bukalah cakrawala dalam diri. Pelajari tanda-tanda kekuasaan Allah di bumi ini. Q. S. Ar- Rum ayat 42, “…. Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)”

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

Leave A Response