Live Tutorial Bros Kain di Eksibisi SMA/SMK/MA Kabupaten Purbalingga

Tanggal 2 sampe 4 kemaren saya nggak ngajar karena memenuhi tugas dari sekolah untuk menjaga stan “Bengkel Kreatif” sekaligus sie konsumsi di Eksibisi SMA/SMK/MA di halaman GOR Goentoer Darjono Purbalingga. Menurut data Dinas Pendidikan sebagai pihak penyelenggara, eksibisi tahun ini diikuti oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, MKKS SMA/SMK/MA, 15 SMA, 27 SMK, 2 MA, Badan Narkotika Nasional (BNN) Purbalingga, BPD Jateng Cabang Purbalingga, serta PT Telkom Wilayah Purwokerto.

Kegiatan eksibisi ini dibuka oleh Bupati Purbalingga Tasdi dan Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, beserta segenap unsur Forkopimda dan sejumlah Pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga dengan menekan tombol sirine. Bupati dan rombongan juga berkeliling ke berbagai stand, termasuk stan SMK N 1 Kutasari. Sebagai kenang-kenangan, kami memberikan “bros kain” sebagai produk dari Bengkel Kreatif kepada Bupati dan Wakil Bupati. Tak hanya itu, kami juga berkesempatan berfoto bersama ^_^.

wakil bupati purbalingga

Ibu Wakil Bupati (tengah) sedang memegang bros kain dari Bengkel Kreatif SMK N 1 Kutasari

Mungkin ada yang bertanya, “Eksibisi itu apa sih?” Dalam kamus bahasa Indonesia, eksibisi berarti tontonan, pameran, atau peragaan. Dalam hal ini, yang dipamerkan adalah hasil karya masing-masing sekolah dan produk unggulan dari tiap jurusan. Dengan demikian, sekolah berkesempatan mensosialisasikan kompetensi dan program keahlian, sehingga siswa SMP/MTs yang akan melanjutkan ke SMA/SMK/MA bisa mendapatkan informasi.

SMK N 1 Kutasari sendiri menampilkan teknologi mutakhir dari sistem android untuk menyalakan sepeda motor. Kita bisa menyalakan motor dengan menggunakan gadget kesayangan, hanya meyentuh tombol yang sudah disetting, sepeda motor langsung hidup seketika tanpa kunci! Sekali lagi, tanpa kunci motor!!! Jadi, ketika motor kita dibawa lari oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab, cukup menyentuh android kesayangan, maka sepeda motor akan langsung mati! Nggak perlu teriak-teriak maling kaan? Hahahaaaa…. Ini adalah hasil kreatifitas dari siswa-siswa Teknik Sepeda Motor (TSM) berkolaborasi dengan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), kreatif kan? Saking kreatifnya, sampe sampe Pak Polisi penasaran dan ikut nyoba. Walhasil, Si Bapak merasa terkesan, mendukung penuh, dan mendorong kami untuk menyempurnakannya agar lebih canggih lagi. Siap Pak, laksanakan! Hihihi….

produk-unggulan-tsm

polisi-eksibisi

Kalo kolaborasi TSM & TKJ menampilkan motor androidnya, maka akuntansi menampilkan kuis “Who Wants To Be a Milionare” bertabur hadiah! Hadiah utamanya HP android Samsung terbaru loh! Tapi, soal-soalnya ya seputar pajak dan ke-akuntansi-an tentunya ya…. Sayang, sampe detik terakhir belum ada yang berhasil merebut hadiah utama niih, hmmm.

eksibisi smk

Nggak cuma program keahlian dari TSM, TKJ, & AKUNTANSI aja loh, Kewirausahaan juga menampilkan produk berupa aneka kerajinan dari limbah, sepert bros dari limbah kain, rak buku dari kardus bekas, tempat kacamata, tempat pensil, dan lain sebagainya.

Yang istimewa, kami melayani pengunjung yang ingin belajar cara membuat bros langsung di tempat. Kalo udah jadi boleh mereka bawa pulang GRATIS! Seru kan…? Dan yang nglatih ya siswa-siswa SMK N 1 Kutasari (gurunya cuma mendampingi ^_^), khususnya siswa-siswa yang mengikuti ekstrakurikuler “Bengkel Kreatif”.

eksibisi purbalingga

eksibisi purbalingga

eksibisi smk

eksibisi smk

Sekilas info, stan Bengkel Kreatif nggak pernah sepi pengunjung, bahkan saat hujan deras! Malah, ibu2 dari Dinas Pendidikan yang lagi “ngungsi” ke stan SMKKU (stan DinDik kena badai angin), asyk mengutak-atik jarum, benang, dan kain. Yang paling heboh ya Bu Umi Rusmawati. Malah beliau bilang kalo ke depan ingin bekerjasama dengan Bengkel kreatif untuk bikin bros seragam + mengundang siswa-siswa Bengkel Kreatif sebagai pelatih dalam Workshop Keterampilan….cihuy! Pak Trisno selaku Waka Kesiswaan pun tersenyum mendengarnya (maksute nopo Pak? Haaa…)

 

umi-rusmawati

Nggak cuma ibu-ibu pendidikan yang ikut meramaikan stan bengkel kreatif, guru-guru SMK N 1 Kutasari juga nggak mau kalah nih…dan nggak kalah heboh! Ada Bu Apri, Bu Dini, Bu Desi, Bu Lela, Bu Ida, dan juga Bu Fuji. Semua antusias menciptakan karya terbaik meski ada beberapa yang tertusuk jarum hingga kena lem tembak yang panasnya luar biasa. Walhasil siswa-siswa bengkel kreatif yang lagi kebagian jaga pun kewalahan meladeni guru-gurunya itu, haha….

guru

eksibisi

Oya…selain stan “bengkel kreatif”, ada juga live musik dari ektrakurikuler Band yang ikut meramaikan acara….terutama kalo malam hari guys! Ada penampilan Blu Sky (salah satu band siswa) duet bareng Pak Hanu selaku guru musik dan juga Pak Bangkit selaku pembina ekstrakurikuler paduan suara. Sip lah…lanjutkan!

eksibisi purbalingga

Yang spesial di eksebisi kali ini adalah…saya ketemu kangen sama Neyla dan Zoe (siswa saya waktu masih di SDIT dulu), mereka dateng sama orang tuanya. Malah Si Neyla minta ajari bikin bros karena katanya ada tugas untuk mata pelajaran SBK (Seni Budaya dan Keterampilan). Sedangkan Si Zoe, masya Allah ni anak…udah tambah tinggi aja sekarang, lebih tinggi dari saya. Nggak ada yang nyangka kalo dia masih kelas 5 SD, dikiranya udah kelas 3 SMP guys! Sebenere si saya udah ketemu Bundanya Zoe (Bu Tutik) sebelumnya, karena beliau kerja di Dinas Pendidikan yang stannya di sebelah stan SMK N Kutasari. Malah beliau sempat tutorial bros korpri dengan hasil yang menggembirakan! Hihihiii….

eksibisi purbalingga

eksibisi purbalingga

eksibisi purbalingga

Selain temu kangen sama zoe dan neyla, saya juga ketemu sama suami dan siswa-siswa dari MAN. Awalnya mereka cuma belajar bikin bros, tapi lama-lama ada yang nyeletuk, “Mba istrinya Pak Canggih ya?” He3….

eksibisi purbalingga

eksibisi purbalingga

Alkhamdulillah semua lancar…semoga ke depannya bisa lebih baik lagi, amiin ^_^.

 

Sekilas info:

  • kelasbumenik.com sdh saya gabungkan ke menikyunihartini.com

  • akun instagram @nick_aisyah_ sudah saya ganti menjadi @menikyunihartini

  • Maafken editan foto yang lebay yaa…bibirnya jontor wkwk

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

Leave A Response