Review Buku “Blogging: Have Fun and Get The Money” by Carolina Ratri

RECOMEND

Kamu hobi nulis and baca buku sist? Dan kamu tertarik di dunia blogging, atau kamu pengen jadi blogger?

Kamu sudah punya blog, tapi merasa masih perlu banyak belajar?

Kamu sudah punya blog tapi terkadang bingung dengan identitas blog kamu?

Kamu pengen membangkitkan semangat nge-blog?

Aaah…kebanyakan nanya ya saya? Oke oke…jadi nih buku oke banget buat kita yang lagi otw (on the way) jadi blogger sukses! Hihi….

Sebelum baca buku ini, saya ngerasa sudah tahu banyak tentang dunia blog, ya karena saya sudah punya domain berbayar jadinya saya sombong. Merasa sudah jadi blogger beneran, ehehe. Domain pertama saya menikyunihartini.com  say (pake nama lengkap asli).

Kenapa pake nama asli? Biar saya bisa nulis apa aja di situ, aapaaaa ajaaaa! Anything about me! Akhire saya jadi bingung sendiri, bagai berjalan tanpa arah. Banyak yang ingin saya tulis, tapi nggak tahu kenapa kok seret ^_^.

Nah, setelah baca buku ini, KU TAHU YANG KU MAU. Dari buku ini juga lah saya mengenal yang namanya book blogger. Ternyata ada ya? Yaa…meskipun jumlahnya tdk seperti yang lain, seperti fashion blogger, travel blogger, beauty blogger, dkk. Saya seperti menemukan jawaban dari pertanyaan saya selama ini, “Who I’am I?”.

Nggak cuma istilah book blogger gaes, banyak wawasan baru lain yang saya dapat! Yang mana itu sangat bermanfaat buat masa depan akika ^_^. Emang bener ya, semakin kita belajar, semakin kita sadar bahwa masih banyak yang belum kita pahami. Di atas langit masih ada langit say!

COVER

Sumber: https://2.bp.blogspot.com/-Du9DvzGUbUc/VtfzQqFgNJI/AAAAAAAAFPs/bpeCW0EakUE/s1600/FinalArt_Blogging_2.jpg

IDENTITAS BUKU

Judul: “Blogging: Have Fun and Get The Money”

Penulis: Carolina Ratri

Editor: Herlina P Dewi

Penerbit: Stiletto Book

ISBN: 978-602-7572-44-7

Tahun Terbit: 2015

Cetakan ke-1

Jumlah halaman: 245

Jenis cover: soft cover

Kategori: Komputer – Bisnis

Harga: Rp 54.000,00

Saya beli buku ini di Gramedia Purwokerto (tempat nongkrong favorit ^_^). Ada cerita di sini gaes. Waktu itu saya kecapean habis muter-muter nyari something kan. Terus seperti biasa saya istirahat sambil baca-baca buku di Gramedia. Karena nggak keburu waktu alias free time, maka saya nyantai aja baca-baca buku, pindah dari pojok satu ke pojok yang lain. Nglemprok sana, nglemprok sini, hahaa…. Sampe akhirnya saya tersadar ada mas-mas (pelayan) yang memandang curiga ke arah saya. Sebenernya kecurigaan itu bukan tidak beralasan. Wajar saja kalo dia seperti itu. Secara dia mergokin saya lagi buka plastik buku yg sedang saya review ini. Maaf ya gaes, jangan ditiru. Tapi, saya melakukan itu semata-mata karena saya benar-benar niat beli kalo emang isisnya bagus. Lagian, saya pernah tanya, “Ada sampel yang udah dibuka nggak mbak? Saya mau beli, tapi mau cek dulu isinya, tapi semua buku dibungkus plastik?” Trus mbaknya senyum (kelihatannya sih tulus), ambil salah satu buku, terus dibuka plastiknya dan menyodorkannya ke saya dengan ramah. Jadi, saya merasa kelakukan saya tadi bukan sesuatu yang salah ya! Kalian sendiri gimana sist, punya pengalaman serupa nggak?

To the point…saya nggak ada niat mau beli buku tentang Blogging, tapi ketika liat cover dan baca sekilas isinya, saya merasa perlu untuk melahapnyaa!

MY OPINION

Yang pualing saya suka dari buku ini adalah gaya bahasanya yang ringan. Tahu sendiri kaan…yang namanya buku teknologi biasanya berat dan menggunakan istilah-istilah yang bikin kepala pening! Buku ini juga mengandung banyak istilah asing menurut saya, tapi cara penyampaiannya yang renyah membuat saya betah menyelesaikan buku ini sampai lembar terakhir!

Selain itu, buku ini juga mencantumkan contoh-contoh real loh! Misalnya, contoh blog keren yang bisa kita tiru, nama-nama blogger sukses sesuai spesialisasinya, bahkan kisah para blogger dalam membangun blognya dari nol! Dan uniknya, ada percakapan penulis dengan para blogger yang membahas tentang kiat mendapat job review. Asik banget kan? Yang jelas, banyak kiat-kiat praktis yang mudah kita terapkan sist!

RATING

Berdasarkan kebermanfaatan dan cara penyajiannya, maka saya memberi rating 4 untuk buku ini ^_^. Makasih ya sist Carolina Ratri, bukunya keren!

SONG

Belum nemu. Ada yang berminat bikin??

NEW KNOWLEDGE

Halaman 5

Afiliasi adalah bentuk kerja sama yang kita jalin dengan perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant) untuk memasarkan produk mereka dan sebagai pemasar produk (affiliate marketers), kita akan dibayar setelah ada produk terjual (http://afiliasipemula.blogspot.com/2013/01/apa-itu-afiliasi.html).

Sebelum baca buku ini, saya sudah tahu kalo para blogger terkenal sering mempromosikan produk tertentu dan mendapat penghasilan dari sana. Kalo di instagram namanya endorse. Tapi, saya belum tahu kalo di blog itu namanya afiliasi. Hmm…kudeet…kudeeet. Kalo tahu namanya kan jadi bisa cari info lebih banyak ya gaes?!

Adsense merupakan program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. (http://www.satriamultimedia.com/artikel_apa_itu_adsense.html).

Halaman 83

Ada 3 cara mengenali apakah menulis merupakan passion kita?

  1. Apabila uang bukan masalah bagi Anda, artinya saat Anda perlu apa saja semua sudah tersedia, maka sebutkan lima pekerjaan atau aktivitas yang akan Anda lakukan dengan sukacita sepanjang hidup Anda?
  2. Apabila finansial Anda sedang terbatas, mana dari lima pekerjaan atau aktivitas pada jawaban pertanyaan pertama yang akan Anda percaya bisa menolong Anda keluar dari permasalahan finansial tersebut?
  3. Sebutkan satu pekerjaan/aktivitas dari jawaban pertama tadi yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan orang lain menilai Anda melakukan dengan sangat baik?

Nah, sekarang perhatikan. Jika ada satu atau dua aktivitas atau pekerjaan yang selalu muncul pada setiap pertanyaan, maka itulah passion Anda. Untuk memperkuat kembali “temuan” passion Anda, ada pertanyaan tambahan, nih.

Apakah Anda bersedia berkorban mengeluarkan uang, energi, dan waktu agar Anda menjadi yang terbaik dalam bidang itu? Apakah Anda rela melakukan pekerjaan itu walau tanpa dibayar?

Jika jawabannya adalah “ya”, selamat, Anda baru saja menemukan pasiion Anda.

Nah, jika ada “menulis” dalam setiap jawaban pada pertanyaan di atas, maka selamat, Anda baru saja memenuhi syarat utama menjadi seorang blogger yang sukses.

Gimana sista? apakah “menulis” adalah passion”-mu? Sebelum membaca buku ini, saya tahu kalo saya hobi nulis dan rela mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran hanya agar bisa terus menulis. Bahkan saya terus melangkah maju meski beberapa pihak menganggap itu semua adalah kegiatan yang ENGGAK PENTING!

Membaca dan menulis itu sudah seperti kebutuhan pokok buat saya, sama seperti makan dan minum. Apa jadinya kalo kita nggak makan minum seharian? Itulah yang saya rasakan kalo melewatkan hari tanpa membaca atau menulis.

Nah, setelah membaca buku ini, saya semakin yakin bahwa kesukaan ini bukan sesuatu yang tidak penting, karena bisa menjadi sumber pendapatan, eheheheheheheheheh ^_^ Iya iya…asal serius….

Halaman 96

Blogger memang sudah sepatutnya suka bergaul, bukan malah jadi apatis karena terlalu sering berada di depan laptop. Jadi, bersosialisasilah di dunia nyata. Banyak yang bisa Anda lihat, Anda rasakan, dan Anda dapatkan dengan keluar dari lingkungan rumah/kantor/sekolah Anda. Yang Anda perlukan hanyalah kepekaan. Yup, kepekaan untuk menangkap sesuatu yang memancing pertanyaan untuk Anda cari jawabannya. Saat itulah, ide muncul. ^_^

Baiklah teman-teman…saya mengaku kalo selama ini saya terlalu sibuk dengan dunia saya sendiri. Saya terlalu asik sendiri di depan laptop, di saat teman-teman tengah berkumpul dan bersosialisasi di sela-sela padatnya jam kerja kantor. Baik. Saya berjanji pada diri sendiri: tahun ajaran baru besok, saya harus menggunakan waktu sebaik mungkin untuk bersosialisasi. Saya harus bisa mengatur waktu, kapan waktu yang tepat untuk menulis, kapan untuk ngerumpi. Eh, maksud saya bersosialisasi sist! ^_^

Halaman 139

Performance blog kita, meliputi berapa banyak unique visitor yang berkunjung, berapa banyak page views artikel job review yang bisa kita optimalkan, hingga berapa banyak komentar yang masuk, sangat menentukan “harga” artikel yang kita buat.

Perlu menjadi catatan, bahwa setiap kali mematok harga untuk sebuah artikel di blog Anda, Anda berkewajiban setidaknya bisa mendatangkan traffic sebesar 0,1% dari harga ke artikel tersebut. Jadi, seandainya Anda mematok harga Rp 1.500.000 per artikel, itu artinya Anda berjanji pada advertiser akan mendatangkan setidaknya 1.500 pengunjung ke artikel tersebut. Yes, ke artikel pesanan tersebut ya, bukan ke blog. Dari mana Anda bisa mengetahui jumlah visitor ke artikel ini? Dari Google Analytics di blog Anda.

Agak malu sih…setelah baca yang ini. Secara saya pernah menawarkan diri kepada salah satu cafe untuk memasang iklan di blog saya yang pengunjungnya masih secuil, kemudian saya menentukan tarif! Jelas lah, muncul pertanyaan dari mereka: emang berapa customer yang bisa mereka dapet dari blog saya? Haha…namanya juga usaha ye kan? Kalo sekarang kita bisa menertawakan diri sendiri atas sikap di masa lalu, berarti kita sudah naik level, ye kaan?

Halaman 141

Ada kalanya saya malah menggratiskan job review, apalagi jika datang dari teman yang meminta saya untuk me-review produk/jasa bisnisnya. Ya wajar jika saya meminta produknya terlebih dahulu ya. Supaya yang saya tulis memang benar saya rasakan, bukan artikel fiktif karena hanya membayangkan.

Ada kalanya saya pasang fee yang rendah, terutama untuk bisnis-bisnis atau startup yang saya lihat memang bagus dan bisa bermanfaat untuk orang banyak. Kadang saya bahkan langsung me-review saja, tanpa mereka minta karena saya merasa mendapatkan manfaat besar dari web atau produk tersebut.

Kali ini gaes, saya tidak menertawai diri sendiri, tapi MALU pada diri sendiri! Dengan pageview yang secuil ini, saya menawarkan diri untuk mereview produk jualan teman dan meminta imbalan. Oh God! Aku mah apa atauh yaa…. Boro-boro kasih review gratis, dikasih gratis juga pikir-pikir dulu ndean! Hahaaaaa.

Aah sudahlah, cukup untuk menceritakan masa lalu yang ‘kelam’ itu.

Halaman 191

Tips dari blogger sukses Indah Julianti Sibarani agar blogger pemula bisa dapet job review: 

  1. Perbagus konten blognya
  2. Aktif berkomunitas
  3. Perbanyak jalin pertemanan dengan blogger lainnya
  4. Menambah networking

MOVIE & VIDEO

Belum nemu juga. Kenapa ya? Apa tema ini kurang menarik atau kurang diminati pasar?

MY QUOTE

Nge-blog adalah aktivitas yang membutuhkan kemampuan membaca dan menulis.

Nick: “Nge-blog bagi saya sudah seperti kebutuhan pokok, sama seperti makan dan minum. Bagaimana rasanya kalo sista nggak makan & minum seharian? Itulah yang saya rasakan.” ^_^

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Carolina Ratri Juli 23, 2017 pukul 11:21 am - Reply

    Wahhh. Terima kasih banyak ya, bukunya sudah direview.
    Semoga bermanfaat, dan blognya makin ngehits! ^^

  2. Menik Yuni Hartini Juli 30, 2017 pukul 5:21 am - Reply

    Amiin…makasiih….
    Smgt berkarya juga buat km ya saaay…semoga makin menginspirasi banyak orang ^_^

Leave A Response