Menghafal Al-Qur’an Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Tiba-tiba inget sama anak-anak SDIT…. Rutinitas di pagi hari hafalan Qur’an bareng, kangeen…tapi mereka kangen sama saya apa enggak?? Baru kerasa, hafalan bareng sama mereka itu sesuatu banget. Nggak kerasa berat, tiba-tiba udah hafal aja. Meski sekarang udah gak bisa murojaah bareng sama mereka, tapi saya tetep berusaha menjaga kebiasaan ini dan akan saya tularkan ke buah hati kelak….

Btw, ada yang pengen tahu teknik hafalan yang kami gunakan bunda? Hweheee…. Siapa tahu bunda mau coba juga kan.

Pertama, anak-anak murojaah bersama surat yang sedang dihafalkan, contoh surat Al-Haqqah ayat 1-23 (karena hafalannya baru sampai ayat 23).

Kedua, anak menghafal satu atau dua ayat selanjutnya secara berulang-ulang, yaitu ayat 24.

Ketiga, setiap anak menyetorkan hafalan mereka.

Sebelum benar-benar hafal, anak-anak harus mengulanginya sampai lancar. Agar lebih terorganisir, maka kami memakai buku setoran hafalan nih.

cover-buku-setoran-hafalan-225x300

catatan-hafalan

Hafalan

Hari berikutnya, anak-anak murojaah ayat 1-24.

Dan tahukah bunda, bahwa Al-Qur’an dapat meningkatkan kinerja otak? Hal ini terbukti dengan hasil penelitian Dr. Al Qadhi di Klinik Besar Florida Amerika Serikat yang hasilnya bacaan Al-Qur’an berpengaruh besar hingga 97% dalam melahirkan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit. Dengan jiwa yang tenang dan tubuh sehat, otak akan lebih mudah mencerna ilmu.
Selain itu, Muhammad Salim dari Universitas Boston (dipublikasikan oleh arrahmah.com) juga melakukan penelitian yang melibatkan lima responden, tiga orang laki-laki dan dua perempuan. Penelitian terdiri dari dua sesi. Sesi pertama, responden mendengarkan bacaan Al-Qur’an. Sesi kedua, responden mendengarkan bacaan bahasa Arab. Dalam hal ini, kelima responden tersebut tidak mengerti bahasa Arab, apalagi memahami Al-Qur’an. Bahkan, mereka tidak tahu bahwa apa yang mereka dengar adalah ayat-ayat suci Al-Qur’an.
Bagaimana hasilnya? Responden mampu merasakan ketenangan hingga 65% ketika mendengarkan Al-Qur’an dan 35% saat mendengar bacaan bahasa Arab.

Jika mendengarkan musik klasik dapat memengaruhi IQ dan EQ buah hati, bacaan Al-Qur’an lebih dari itu. Selain memengaruhi IQ dan EQ, bacaan Al-Qur’an juga memengaruhi kecerdasan spiritual (SQ). Keren ya bund??

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

Leave A Response