Tugas Kewirausahaan Membuat Rencana Usaha: Tahu Berontak & Choco Ball Manis, Kamu Pilih Mana?

Senin, 30 Januari 2017

Jam pertama ngajar kelas XI Akuntansi 5. Kegiatannya melanjutkan diskusi proposal usaha. Masing-masing kelompok menceritakan ide usahanya, kelompok lain menanggapi.

Diskusi Proposal Usaha

Sharing Ide Usaha

Bahkan, ada dua siswa (Aan dan Syuril) yang masih meminta waktu untuk menjelaskan produk mereka meski pertemuan sudah saya tutup karena jam pelajaran habis, saking semangate ya cah baguuus…sip lah!

Menjelaskan produk yang mereka jual

Menjelaskan produk yang mereka jual

 

Syuril & Aan Solechan

Syuril & Aan Solechan

Ada dua kelompok yang proposalnya sudah selese dan sudah mulai jualan dari kemaren.

Yang pertama kelompok Suryono (kls ini sepakat pake nama pengusaha sukses di Indonesia, katanya Suryono itu adalah suami dari Bela yang dulu pacarnya Adji Pangestu itu lah, hhh). Anggotanya adalah Rachel dkk.

Kelompok Suryono

Kelompok Suryono

Mereka jualan choco ball, yaitu kue berbentuk bola-bola cokelat yang ditaburi ceres warna warni. Pokoke dijamin manis! Kalo yang suka manis pasti seneng. Tapi, kalo yang nggak suka yaaa….

Choco Ball

Choco Ball

Berhubung saya penggemar cokelat, makanya saya beli 2 @ Rp 1.500,00. Sampe kantor, saya tawarkan ke rekan-rekan guru. Ternyata jarang yang minat! Mungkin mereka pada nggak suka manis. Tapi, kalo di kalangan siswa si alkhamdulillah laris, Rachel dkk bilang jualannya habis.

Kelompok lain yang juga sudah mulai jualan adalah kelompok Hari Tanoe (Lisa dkk).

Kelompok Hari Tanoe

Kelompok Hari Tanoe

Kalo si Lisa ini mah udah biasa jualan. Setiap hari dia jualan piscok bikinan ibunya. Kali ini, Lisa dkk jual tahu isi sayur tumis. Ketika saya tanya apa bedanya sama tahu berontak lain, mereka bilang karena isinya ditumis dulu, sedangkan brontak itu enggak. (Emang isi tahu berontak nggak ditumis dulu ya sist?)

Tahu Berontak

Tahu Berontak

Ketika istirahat pertama, mereka ke kantor dan ternyata langsung diborong sama guru-guru, terutama Pak Andreas (Pak John). Kebetulan meja saya sebelahan sama Pak John.

Jualan di Ruang Guru

Jualan di Ruang Guru

 

Bernegosiasi dengan Pak Andreas (Pak John)

Bernegosiasi dengan Pak Andreas (Pak John)

 

Transaksi Deal, Pak Andreas Bayar ^_^

Transaksi Deal, Pak Andreas Bayar ^_^

Semangat ya anak-anakku…semoga sukses selalu! ^_^

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

Leave A Response