Belajar Dari Sosok Habibie

Tingkatkan dirimu dengan belajar dari pengalaman orang lain, sehingga kamu bisa menguasai dengan cepat apa yang mereka dapatkan dengan susah payah.
(Socrates, Filsuf Yunani)

Sumber: http://ayobandung.com/images-bandung/post/articles/2016/03/06/7791/bj-habibie-2.jpg

Sumber:
http://ayobandung.com/images-bandung/post/articles/2016/03/06/7791/bj-habibie-2.jpg

Pernahkah kamu nonton film tahun 2013 berjudul Habibie dan Ainun? Selain kisah romantisnya yang bikin hati luluh lantak, dalam film tersebut juga tergambar jelas seperti apa sosok Presiden Indonesia ke tiga, BJ. Habibie yang cerdas seperti berikut ini.
1. Pekerja Keras
Dalam bukunya, Habibie menceritakan bahwa waktu 24 jam dalam satu hari beliau bagi untuk: tanggung jawab perusahaan, tanggung jawab kuliah, tanggung jawab keluarga, dan tugas-tugas lainnya. Karena itulah, Habibie sering pulang tengah malam dan kehabisan bus. Sehingga, beliau harus berjalan kaki sampai ke rumah.
Mari kita berkaca pada diri sendiri, bagaimana kita membagi waktu dalam satu hari? Sudahkah semua hak dan kewajiban terpenuhi?
2. Percaya Diri
Pak Habibie berani mengemukakan pendapat, termasuk ketika mempresentasikan teori atau konsep pemikirannya. Tentu saja kepercayaan diri itu tumbuh karena rajin membaca, berlatih, dan berlatih.
Coba bayangkan jika kita bertugas mempresentasikan makalah di depan kelas tanpa mempelajari inti dari makalah tersebut sebelumnya? Apa yang akan terjadi? Penyampaian konsep pemikiran pun menjadi kurang mantap, gugup, dan tanpa arah. Pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman pun tidak bisa kita jawab dengan tuntas.
3. Jujur
Habibie merupakan salah satu sosok yang terkenal kejujurannya. Baik saat kuliah, bekerja, hingga menjadi presiden. Beliau tegas menolak sogokan dan berbagai bentuk kecurangan lainnya.
4. Gemar Membaca dan Menulis
Habibie memiliki buku catatan yang selalu beliau bawa ke manapun pergi. Semua kegiatan, agenda, janji, dan hal-hal yang penting beliau catat, termasuk saat mengikuti kuliah. Habibie yang jenius saja rajin mencatat ketika belajar di kelas, mengapa kita tidak?
5. Menyukai Seni
Habibie suka mendengarkan musik, menyanyi, dan menari (dansa). Selain itu, Habibie juga menyukai drama, opera, dan film. Tidak heran jika buku karyanya yang berjudul “Habibie dan Ainun” difilmkan dan menyedot perhatian masyarakat luas. Tak tanggung-tanggung, Pak Habibie ikut terjun mengawasi pembuatan film tersebut.
6. Rajin Berlatih
Selain melatih otak, Habibie juga rajin melatih ototnya (tubuh), yaitu dengan cara berolahraga. Saat menjabat sebagai Presiden RI, Habibie tidur hanya selama dua jam sehari. Namun, beliau tetap segar bugar karena selalu menyempatkan berenang di malam hari.

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

Leave A Response