Manfaat dan Bahaya Minum Kopi Untuk Wanita

Dari sekian banyak kekayaan budaya Indonesia, ada satu yang masih terjaga, terutama di daerah pedesaan. Budaya itu adalah kebiasaan mengonsumsi minuman tertentu untuk mengawali hari. Salah satunya adalah minum kopi di pagi hari.

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang mudah kita jumpai karena Indonesia memang negara penghasil kopi (masih ingat pelajaran sejarah? Kopi-lah yang membuat negara asing ingin menguasai Indonesia).

Kopi digemari oleh kaum pria, wanita, golongan ekonomi menengah atas sampai menengah ke bawah, rakyat biasa hingga pejabat, orang tua sampai anak muda. Bahkan ada kafe bernama Starbucks yang khusus menjual kopi dengan harga selangit. Kepopuleran Starbucks membuktikan bahwa kopi telah mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

Saya sendiri suka sekali minum kopi dari kecil. Ketika kuliah dulu, saya dan teman-teman pergi mencari makan di daerah kali Code yang terkenal dengan kopi Jos-nya, yaitu segelas kopi dengan arang di dalamnya. Teman-teman langsung keheranan melihat mahasiswi muda memesan segelas besar kopi hitam + arang. Sementara teman-teman yang lain memesan jeruk hangat, teh hangat, jahe susu, dan sebagainya.

kopi jos

gambar diambil dari: myhotelmyresort.com

 

Sampai sekarang, ketika saya pulang ke rumah orang tua di Kebumen, saya selalu minum kopi bersama mereka di pagi hari setelah sarapan. Kemudian kami berbincang ringan tentang banyak hal. Inilah momen yang selalu saya rindukan. Namun, setelah menikah saya lebih menyukai kopi susu.

Belum lama ini saya baru mengetahui sebuah fakta. Mba Numi (kakak perempuan saya) bercerita pada suami saya, “Waktu nyidam Menik dulu, mamak ngidam kopi. Sampai-sampai bubuk kopi hitam yang belum diseduh aja dimakan.”

 

Sebelum menyelesaikan pekerjaan (membuat soal, membuat RPP, membuat bros, menyetrika, membaca, menulis, dan lain-lain), saya selalu menyiapkan segelas kopi untuk menemani. Dengan ngopi, saya merasa lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jadi, ketika rasa lelah, bosan, dan kantuk mulai menyerang, saya langsung menyeruput kopi. Jadi, tidak saya minum sekaligus. Segelas kopi bisa habis 1-2 jam bahkan lebih. Tergantung seberapa sering rasa bosan menghampiri.

Ibu Soraya Syarifah, dokter di klinik Mitra Umat Semarang dan Balai Pengobatan Poltekkes Depkes Jawa Tengah menjelaskan dalam majalah Embun edisi Februari 2014 bahwa kopi mengandung kafein yang berfungsi untuk:

  1. Merangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi air seni.
  2. Membangkitkan stamina.
  3. Menghilangkan rasa sakit.
  4. Melawan rasa kantuk.
  5. Memberikan tenaga ekstra.
  6. Memberikan efek segar dan gembira.

 

Manfaat Minum Kopi Bagi Wanita

  1. Meminimalisir depresi.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum kopi yang kandungan gulanya rendah dapat mengurangi 10% depresi dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

  1. Mengurangi stres.

Penelitian membuktikan bahwa minum kopi maksimal dua gelas per hari dapat mengurangi risiko bunuh diri pada wanita. Aroma kopi dapat memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf, sehingga stress pun berkurang.

  1. Membantu menurunkan berat badan.

Mengonsumsi kandungan kafein dengan tepat dapat menekan nafsu makan.

  1. Membantu kesehatan hati dan kulit.

Berdasarkan beberapa penelitian, minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko terkena gagal hati, kanker hati, dan kanker kulit.

  1. Menurunkan risiko diabetes tipe II.

Kandungan kromium dan magnesium dalam kopi rendah gula dengan porsi yang tepat setiap hari dapat mengurangi 25% risiko terkena penyakit diabetes tipe II.

  1. Mencegah penyakit Alzheimer dan Parkirson.

Minum kopi dapat membantu kita lebih berkonsentrasi. Penelitian membuktikan bahwa wanita yang terbiasa minum kopi memiliki risiko 60% lebih rendah terkena Alzheimer dan demensia dibanding dengan wanita yang tidak terbiasa minum kopi.

 

Bahaya Minum Kopi Bagi Wanita

  1. Gigi menjadi kuning, berlubang, dan timbul karang gigi.
  2. Menurunkan daya tahan tubuh. Kafein bersifat menyerap vitamin, mineral, dan cairan yang terkandung di dalam tubuh.
  3. Kopi mengandung kafein yang cara kerjanya menyaingi fungsi adrenalin yang merupakan salah satu senyawa di dalam sel otak yang berfungsi untuk membuat orang cepat tertidur. Sehingga minum kopi berlebih dapat mengakibatkan insomnia, sakit kepala, tegang, mudah marah, dan gugup.
  4. Meningkatkan risiko tulang keropos (osteoporosis), terutama bagi wanita yang telah menginjak masa menopouse.
  5. Jika minum kopi terlalu panasa, maka dapat merusak sel mulut dan kerongkongan yang berakibat timbulnya kanker.
  6. Penelitian dari Harvard School of Public Health (dikutip dalam halosehat.com) mengemukakan bahwa wanita yang minum kopi secara berlebihan dapat menderita kelainan yang menyerang sistem reproduksinya yang disebut endometriosis. Sehingga wanita tersebut akan merasakan sakit luar biasa ketika menstruasi.
  7. Mengurangi kesuburan wanita, bahkan mengakibatkan kemandulan jika dibarengi dengan mengonsumsi alkohol.
  8. Penelitian mengungkapkan bahwa minum kopi lebih dari lima gelas kopi per hari dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Jika yang rusak adalah pembukuh darah otak, maka akan mengakibatkan stroke. Begitu juga jika pembukuh darah jantung yang rusak, maka akan mengakibatkan serangan jantung. Olehkarena itu, ibu hamil sebaiknya menhindari kopi dan makanan atau minuman lain yang mengandung kafein, karena dapat mengakibatkan keguguran.
  9. Minum kopi secara berlebihan dapat mengakibatkan iritasi usus, sembelit, kram otot, pembesaran pembuluh darah, dehidrasi, hingga KEMATIAN MENDADAK. Masih ingat Mbah Surip Si Kakek nyentrik? Salah satu penyebab kematiannya yang mendadak saat berada di puncak popularitas adalah karena hobi minum kopi.

Bagaimana Dengan Kopi Instan (Dekafein)?

Banyak orang beranggapan bahwa kopi instan merupakan kopi bebas kafein. Kenyataannya, kopi instan tetap mengandung kafein, meski sedikit. Sepuluh cangkir kopi instan sama dengan dua gelas kopi. Jadi, jika kita minum kopi instan dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama, maka kita akan terkena efek samping dari kafein yang terkandung di dalamnya.

Cara Sehat Minum Kopi

Bagi pecinta kopi, berikut ini merupakan cara sehat minum kopi agar terhindar dari dampak negatif kopi?

  1. Usahakan kopi yang kita minum adalah kopi rendah gula. Tambahkan sedikit gula agar tidak terlalu manis. Lebih baik jika minum kopi pahit saja.
  2. Biasakan minum air putih setelah minum kopi.
  3. Minumlah kopi setelah makan. Hindari minum kopi dalam keadaan perut kosong.
  4. Minum kopi maksimal pukul 19.00 WIB.
  5. Ketika efek samping kafein mulai terasa, seperti sakit kepala, insomnia, tegang, jantung berdegup lebih kencang, maka kurangi porsi kopi, atau bahkan berhentilah minum kopi.
  6. Bagi wanita atau ibu yang pernah tekena penyakit magh, asam lambung, kolesterol,vertigo, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan serangan jantung akan lebih bijak jika tidak minum kopi.
  7. Mengonsumsi apapun asal tidak berlebihan, maka semua akan baik-baik saja, termasuk minum kopi. Konsumsilah maksimal dua gelas per hari.

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

Leave A Response