Niche Blog Atau Blog Gado Gado?


Awal nge-blog, saya belum mengenal yang namanya SEO, apalagi Adsense. Yang ada di pikiran saya saat itu hanyalah menulis, menulis, dan menulis. Writing is my passion. Saya sangat puas hanya dengan memiliki blog ber-domain (.com).
Sampai suatu hari, seorang teman (Mas Leman) menyarankan untuk mendaftarkan blog saya ke Adsense. Jika diterima maka Adsense akan memasang iklan diblog kita, dan kita mendapat pemasukan dalam bentuk dolar. Jujur saya tergiur membayangkan uangnya, tapi justru saya lebih tertarik pada IKLAN-nya. Memang ada yang sudi ngiklan di blog saya? Memangnya saya ini siapa? Hahaaa.
Well, iseng-iseng saya coba, tapi nyaris tanpa harapan diterima. Lalu, knpa saya repot-repot daftar kalo tidak punya harapan? Itung-itung dapet pengalaman daftar Adsense lah sist, mumpung ada yang ngajari. Jadi kalo nggak diterima kan bisa daftar lagi.
Di luar dugaan, saya dapat surat cinta! Adsense menerima blog saya!

Adsense

Saya senang agak bingung, kok bisa diterima ya? Hehe. Padahal banyak blogger yang patah hati karena ditolak oleh Adsense. Mereka bilang sudah membuat tulisan-tulisan yang berbobot dan pastinya nggak gado gado kaya punya saya.
Sebentar. Gado gado? What it is? Adalah blog yang postingannya campur aduk dari segala macam topik/tema. Sedangkan niche blog adalah blog yang membahas tentang topik tertentu, misal beauty blogger, fashion blogger, dll. Sehingga, niche blog terkesan lebih profesional ya gaes. Dan konon katanya, Adsense lebih menyukai niche blog dibandingkan dengan blog gado gado. Katanya loh yaaa.
Saya pun mencari tahu apa yang membuat Adsense sudi menerima blog saya. Setelah Googling kesana kemari, ternyata Google suka dengan blogger pemula yang masih lugu, tulisan-tulisannya fresh orisinal, dan memiliki passion menulis/berbagi cerita. Tidak masalah jika blog-nya gado gado, kan bisa diperbaiki sambil jalan.
Oh ya, bukan berarti blog gado gado itu jelek yah! Sebagai contoh, sebuah blog gado gado membahas 3 topik, yaitu kecantikan, fashion, dan parenting. Sedangkan sebuah niche blog fokus membahas tentang kecantikan saja. Yang niche blog memiliki seribu artikel, sedangkan blog gado gado-nya memiliki seribu artikel untuk tiap topik (jadi total 3 ribu ya). Bayangkan, kira-kira visitornya banyak yang mana? Kira-kira sering muncul yang mana di halaman google? Jelas yang gado-gado kan?
Jadi, jangan syediih yang blog-nya campur-campur say, saya bersama Anda ^_^. Yang penting tetep semangat update dan terus perbaiki konten, okeey?!
Btw, menikyuniharti.com termasuk yang mana nih? Begini, awalnya murni gado-gado, pokoke nggak jelas blas isinya. Tapi saya tetap konsisten, mengevaluasi, dan memperbaiki diri. Kini saya mendeklarasikan bahwa menikyunihartini.com adalah personal blog dengan niche Women LifeStyle.
Mengapa Women LifeStyle? Karena blog saya terdiri dari 6 topik tentang GAYA HIDUP sehari-hari, yaitu keluarga, karir, keterampilan, fashion, kecantikan, dan pengembangan diri. Saya berharap tulisan dan cerita-cerita saya bisa menginspirasi banyak WANITA menjadi pribadi yang lebih baik. Amiin.

 

With love,
Nick

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

Leave A Response