Visi dan Misi Keluarga Canggih

Menik Yuni Hartini

Dimanakah Keluarga Canggih tinggal?

Canggih Family adalah keluarga biasa di kota Purbalingga, Jawa Tengah. Saat ini, kami (Ayah Canggih dan Bunda Menik) masih “numpang” di rumah ibu (ibu dari Mas Canggih). Kebetulan, Bapak sudah tidak ada, jadi ibu minta kami menemani beliau.

Sudah berapa lama keluarga canggih membina rumah tangga?

Canggih Family juga tergolong keluarga muda, dihitung sejak akad nikah dan resepsi tanggal 8 September 2013 di Kota Kebumen, Jawa Tengah. Dan sekarang…kami tengah merintis semuanya dari nol! Mas Canggih bekerja sebagai guru di MAN Purbalingga dan saya di SMK N 1 Kutasari, Purbalingga. Doakan semoga kami bisa sukses dunia akhirat ya….

Apa yang menjadi tujuan utama keluarga canggih?

Semua keluarga pasti ingin bahagia. Namun, kebahagiaan yang kami cari adalah kehahagiaan yang hakiki, yaitu meraih surga Allah dan berkumpul di sana (doakan semoga istiqomah yaaa…). Nah, agar tujuan ini bisa tercapai, maka kami berusaha menciptakan suasana keluarga yang mendukung dengan membuat visi dan misi.

Keluarga canggih memiliki visi dan misi? Wow, apa itu?

Visi adalah pandangan masa depan yang menentukan gerak dan langkah setiap anggota keluarga. Sedangkan misi adalah hal-hal yang harus kita lakukan agar visi dapat tercapai. Kami percaya, jika sebuah keluarga memiliki visi misi yang kuat, maka hidup akan jadi lebih teratur dan terarah. Kami sengaja membuat visi keluarga yang mudah dan sesederhana mungkin agar seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak bisa paham nantinya. Bahkan kami melambangkan visi misi tersebut dengan aktivitas tertentu seperti berikut ini.

1. BENAR, berarti beriman dan bertaqwa kepada Allah. Kami melambangkan dengan shalat tepat waktu dan rutin membaca/menghafal Al-Qur’an.

2. TERAMPIL, berarti punya keterampilan tertentu yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Kami melambangkan dengan latihan/kursus keterampilan tertentu secara teratur.

3. INDAH, berarti menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan sekitar (bersih itu indah). Kami melambangkan dengan membereskan kembali kamar tidur dan mainan sendiri, serta barang-barang yang telah digunakan.

4. SEGAR, berarti punya tubuh yang sehat luar dan dalam. Kami melambangkan dengan bangun pagimakan makanan bergizi (sayur dan buah), cukup minum air putih, rajin olahraga, dan mandi dua kali sehari.

5. SMART, berarti punya kecerdasan emosi yang bagus. Kami melambangkannya dengan membuat “kesepakatan” sebelum melakukan sesuatu agar anak terbiasa bersepakat dengan diri sendiri.

6. PINTAR, berarti punya kemampuan intelektual yang memadai. Kami melambangkan dengan belajar, membaca buku, berdiskusi, dan menulis. Kami siapkan fasilitas pendukung, seperti buku-buku bacaan, majalah, sampai koneksi wifi untuk mengakses informasi secara online (dengan pengawasan tentunya).

Apakah visi misi tersebut sudah tercapai?

Visi keluarga kami memang sudah sangat jelas dan terstruktur, tapi bukan berarti semua berjalan lancar tanpa masalah kan? Justru tantangan bagi kami untuk merawat visi tersebut agar tetap tertanam kuat meski kadang lingkungan sekitar kurang mendukung. Jangan sampai semuanya berubah tiba-tiba karena visi keluarga luntur secara perlahan tanpa kami sadari. Untuk mengantisipasi, kami berusaha manfaatkan momen Ramadhan untuk saling mengingatkan pentingnya visi keluarga.

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

Leave A Response