Tips Hidup Serumah Dengan Orangtua Atau Mertua Setelah Menikah

Berikut ini beberapa tips hidup serumah dengan orangtua atau mertua.

  1. Jangan membebani orang tua atau mertua dalam semua hal. Misalnya, dalam hal pengasuhan anak. Milikilah pengasuh untuk membantu mengurus anak ketika kita bekerja. Atau bisa juga menitipkannya di taman pengasuhan anak terdekat. Bebaskan orang tua atau mertua agar beliau dapat mengisi hari tuanya dengan kegiatan-kegiatan keagamaan dan sosial.
  2. Manfaatkan hari libur untuk bercengkerama dengan orang tua atau mertua agar keharmonisan tetap terjaga.
  3. Hormati privacy orang tua atau mertua. Pisahkan urusan keluarga kita dengan keluarga orang tua atau mertua. Usahakan untuk mengelola rumah tangga dengan baik tanpa melibatkan orang tua atau mertua.
  4. Menghadapi berbagai rintangan tanpa mengeluh. Banyak hal yang harus kita sesuaikan ketika hidup serumah dengan orang tua atau mertua, terutama di awal-awal pernikahan. Tentunya, proses penyesuaian ini tidak mudah, masing-masing individu harus bekerjasama dan bertanggungjawab terhadap perannya, baik sebagai anak, menantu, mertua, saudara ipar, dan sebagainya.
  5. Konsisten dengan tugas di luar rumah tangga. Misalnya, jika kita tetap bekerja (atas izin suami) setelah menikah, maka laksanakan tanggung jawab kita dengan profesional, meski urusan rumah tangga cukup menyita waktu.

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

Leave A Response