4 Tips Menjalin Hubungan Dengan Saudara Ipar

Lebih dari satu keluarga yang tinggal dalam satu rumah tentu membutuhkan toleransi tinggi agar terjalin hubungan harmonis. Berikut ini merupakan tips menjalin hubungan dengan saudara ipar.

  1. Bersikap terbuka. Saudara ipar bisa menjadi sahabat asal bersikap saling terbuka. Beberapa hal yang biasanya saya dan De Nana lakukan misalnya makan di luar bareng, joging minggu pagi di GOR (Gedung Olahraga), sampai berbelanja barang dagangan bareng. Untuk yang terakhir, kebetulan saya membuat bros kain untuk dijual. Sedangkan De Nana membeli kain untuk dibuat jilbab lalu menjualnya secara online.
  2. Berkomunikasi dengan batasan tertentu. Sebaiknya tidak semua hal kita ceritakan pada saudara ipar. Bicaralah tentang hal-hal umum. Seperti misalnya berita terkini, resep masakan, fashion, dan sebagainya. Simpan rahasia rumah tangga dengan baik. Karena seringkali, masalah semakin rumit ketika kita menceritakannya pada orang lain.
  3. Senantiasa bersikap baik padanya. Saudara ipar pernah menyakiti perasaan kita? Anggap saja angin lalu. Pikirkan bahwa sebenarnya ia tak bermasksud menyakiti kita. Tetaplah bersikap baik padanya.
  4. Menghormati privacy dan kebiasaan. Salah satu hobi dan kebiasaan saya adalah “membaca dan menulis”. Ada sesuatu yang hilang jika sehari saja tidak membaca. Dan jika sudah membaca, maka saya mendadak buta dan tuli. Artinya, saya menjadi tidak peduli pada lingkungan sekitar. Terkadang saya merasa tidak enak hati. Tapi, sulit rasanya menghilangkan “kebutuhan” (kebiasaan) itu. Lagipula, apakah hal tersebut perlu dimusnahkan? Saya sangat bersyukur memiliki adik ipar dan ibu mertua yang sangat mengerti kebiasaan saya ini (mendadak buta dan tuli -red). ^_^

Leave a comment

About the Author

I'am a proud wife, happy teacher, and a craftpreneur...welcome to my blog ^_^

Leave A Response